Backpacker ke Labuan Bajo

29 April 2017 – 12 Mei 2017

Mau jalan jalan tapi uang pas-pasan, mau ke labuan bajo tapi semuanya mahal banget. Semua ga ada yang pas sama kantong mahasiswa kaya aku, sedih banget si. Oke mulai dari januri setelah jalan terakhir dua pekan, aku memikirkan abis semester 8 ini kemana ya? jeng jeng ada temen sekolahan jaman SMK ngajakin ke labuan bajo. Dengan sangat polos aku bilang ” tapi backpackeran ya, aku ga ada uang banyak.” Mulai dari detik itu akupun mulai cari “how to go to Labuan Bajo With backpacker”. Banyak banget website, blog sampe orang orang yang aku tanyain. Jadi di halaman ini aku akan bercerita semua jalur yang aku tempuh dan biaya yang aku habiskan demi Komodo Komodo tercinta di sana.

29 mei 2017 kami bernagkat menggunakan kereta Matarmaja tujuan Malang dari Stasiun Pasar Senen (yang tiketnya udah di beli sejak februari ya, kalo ga mana mungkin dapet yang murah) pukul 15.15 sore hari gerbong satu seat 2A dan 2B(karna kami berdua). Perjalanan yang kami tempuh sekitar 17 jam tepatnya jam 08.00 sudah dimalang. diperjalanan aku hanya beli makan satu kali di stasiun cirebon. Sesampai di malang, sambil menunggu kereta tujuan banyuwangi (KA.Tawang Alun), kami pun keliling kota malang dengan pergi ke desa Tridi (desa rumah warna warni). Di sana kita bisa foto foto cantik dengan latar rumah warna warni dan gambaran lucu (sembari foto foto dan menikmati suasananya, kita bisa jajan makanan dan minuman disana).

Di malang aku juga nungguin temen yang nyusul dari bangka, yang tadi nya rencana bareng sama kita tapi dia ada urusan yang membuat dia harus menyusul dengan pesawat terbang. Berhenti di malang ga makan bakso malang rasa nya kurang lengkap, tapi sebelum makan bakso malang aku makan ice cream dulu , kebetulan di ajak salah satu teman dari Trip kerinci fase 1 ye asik kan (dibayarin juga) hehe sambil kita ngobrolin kerinci kemaren. Hari semakin siang berburuh bakso malang enak ya. kita makan bakso malang di Bakso cak Man, ga rame si tapi enak banget uuu namanya juga makan ya pasti enak. Setelah perut kenyang, kita balik kedepan stasiun untuk menunggu tamu nan jauh yang nyusulin kita (haha). kereta ke banyuwanginya jam 15.45 sore ya (jadi lumayan kalo temen – temen mau jalan setitik mengitari malang kota).

kurang lebih pukul 14.00 teman kami sampai dan dia mulai lapar (selalu, ntah ini rutinitas dia atau tidak) oke kita tungguin dong dia makan masa kita tinggal. hingga jarum jam ke angka 3, kami pun bergegas ke stasiun yang cuma ngesot sampe (lebay si). Check in lalu masuk stasiun dan nungguin kereta yang belom ada cihuy banget kan. Tapi tenang belom 15.45, artinya sebentar lagi kereta nya baru muncul. (tutttttttt tuuuuuuutt) Kereta tiba dan kami masuk dengan sangat cepat, demi duduk doang biar ga berdiri aja eh keretanya ngetem kaya angkot sekitar 20 menitan barulah kereta berjalan.

Senang sekali mau banyuwangi, rumah yang di rindukan setelah Backpacking Jogja-Banyuwangi-Bali 5 bulan lalu dan tetep mau ke sini. kereta dijadwalkan sampai pukul 11.30 malam, jadi sebelum sampai aku bilang dulu ke rumah singgah banyuwangi kalo mau nginep, biar pas sampe langsung enak enak (hahahah nanti aku akan cerita rumah singgah juga).

jam 11.30 kita beneran udah sampe di stasiun karang asem, Banyuwangi. kita kesini karna temen temen aku pengen liat Blue Fire yang cuma ada dua di dunia kita ini. dan banggalah karna satunya ada di Indonesia tepatnya, Banyuwangi! Sampai di Rumah singgah, mas Rachmat bilang kalo kita blom bisa turun ke blue fire karna kemaren kawahnya sempet nguarin gas beracun. kamipun berdiskusi dan ambil keputusan nginep dulu di banyuwangi dan besok malam baru naik. karena ini cerita perjalanan aku singkatin semua ya biar cepet bacanya juga ga cape.

Di banyuwangi kami ke Pantai pulau merah, hutan Jawatan Benculuk sama malem nya ke Gunung ijen, itu semua kami lewatin 1 hari 1 malam,hingga esok tiba lalu bergegas kami menuju ketapang naik kereta lokal jam 11.30 siang hari (KA lokal Probolinggo). sampai di St. Banyuwangibaru, kita cukup jalan kaki 10 menit untuk ke Pelabuhan Ketapang (jadi jangan naik beca ya guys, mahal). banyak juga bus bus yang mau nyebrang nawarin kita, jadi pinter2 aja si pas di sana. Oke, kita lanjut dengan beli tiket fery lalu naik fery tercepat yang akan berangkat. dengan kekuatan super kami bisa ngejar fery yang akan berangkan 5 menit setelah kami naik (warbiasa).  45 menit lagi sampai bali dan chapter baru akan di mulai. (ini juga lebay)

Tepat pukul 2 siang waktu bali (karna beda satu jam sama pulau jawa WIB ) keluar pelabuhan kita langsung ke terminal yang tepatnya depan pelabuhan ( keluar ke kanan terus terminal dikiri). cari bus ke denpasar karna tadi nya mau naik motor lintas lombok sumbawa bajo (tapi ga jdi karna motor nya kurang) nah naik bus itu cuma 40rb smpai terminal ubung, busnya tanpa AC ya jadi duduk deket jendela aja biar adem. sampai di ubung kami pun cari bus buat ke labuan bajo, eh mahal. kami pun makan dulu dong, sambil makan sambil Charge HP. Buka Traveloka tiket denpasar labun bajo murah, jadi setelah di kalkulasi dengan rumus rumus spesial kita memilih naik pesawat 2 hari lagi ke Komodo airport! dua hari di bali satu malam inap di rumah teman aku satu malam inap di NUKA BEACH IN bali yang cuma 5 menit dari bandara.

Di bali 2 hari kita sewa motor dan main di Pandawa beach lalu ke kuta dan banyak nya jalan kaki di legian sambil cuci mata karna tujuan kita bajo ga bali hahah.

Pantai Pandawa

Setelah dua hari di bali kami pun lanjut direct flight to Komodo Airport (gayaankan gatau uang dikit) jadwal penerbangan kami 13.55 dari bali dan sampai di labuan bajo pukul 15.15. tisak lupa sebelum ke sana kami udah pesan penginapan namanya Kampung Bule Hostel. Enak banget rasa penginapan sendiri karena lagi sepi tourist juga.

DCIM100GOPROGOPR6622.
liat patung nya aja dulu depan bandaranya

Sampai di bajo aku chat semua tmn aku yang ada di bajo, oh ya dari bandara karna kita ga mau ribet kebetulan ber3 jdi naik taxi ke sana, murah kok pastinya. karna udah sore, aku ketemu temen bentar nanyain buat besok numpang yang mana dan kita jalan ke Pantai Kampung ujung, disana ada jembatan dermaga yang warnanya putih. cantik banget sambil nikmatin sunset.

Kerenkan sayang nya jomblo tapi untuk ada temen yang hisa dijadiin model (wkwkwk) oke jangan baper ya liat foto ini, karna ini hanya sekedar foto. malem nya kita cuma makan terus siap siap buat besok, destinasi di bajo kita Padar sama Rincah aja karna kapal yang kami tebeng hanya kesana besok. kita juga rencana ke waerebo ga jadi ya guys karna kurang teman.

Golden Sunrise dengan model yang bulat berasa matahari

Selamat pagi From Labuan Bajo, oke kami berangkat jam 5 subuh dan pulang jam 6 malam. Perjalanan yang sangat panjang tapi nanti aku akan kupas di halaman lain aja.

beberapa foto aja ya..

dari kamis sore hingga senin pagi kami di Labuan bajo (harusnya minggu tapi ferry ke sape nya ga brangkat jdi kami pulang senin pagi) nginep di kampung bule hostel 3 malam dan satu malam di gardenia hotel (lebih dekat ke pelabuhan ferry). di sana kami banyak makan di restorant yang mahal (haha iya karna kan tujuannya udah sampe ). jadi aku juga banyak banget abis di sini (banyak versi aku).

Oh iya, aku ada rekomendasi ni buat temen temen yang mau ke bajo tapi ga mau ribet kaya aku (yaialah aku backpackeran tanpa ikut trip). Ni kalian bisa langsung ke Kawanjalan.id , di situ kalian bisa nikmatin trip trip ala backpacker yang bersahabat di kantong. Mulai dari one day trip, 2 hari 1 malam atau mau 3 hari dua malam juga bisa. kalo kalian rombongan terus mau private trip atau kalian mau sewa kapal aja, bisa banget di sini.

Pada senin pagi kami pulang dengan ferry di Labuan bajo Tujuan Sape, dengan kisaran waktu 7 jam dan jam 3 kami sampai sape, sesampai di sape dengan bantuan teman di sape kami naik bus surya kencana agar nanti di bima bisa lanjut ke mataram dengan bus surya kencana. 1 jam 30 menit kami pun sampai di bima, sampai disana kami di sambut teman teman ku yang baru ku kenal (SKSD tapi kenal kok ciyus) duh baik la pokonya mereka. bus dari bima kebetulan jam 7 baru jalan jdi kami sempat muterin bima ssebentar makan dan ke bukit bintang dengan view demaga bima. cape jalan hilang liat view nyaaaaa.

Jam tuju tepat bus surya kencana benar benar berangkat dan kami akan di jadwalkan sampai mataram jam 7 pagi esok hari, sampil lepas cape kami tidur di sepanjang perjalanan. lumayan rasanya karna malam jadi lebih ke tidur hahaha. sampai di mataram sebenernya mau main tapi temen aku udah ga mau jadi kita cuma berhenti sebentar ke rumah singgah yang ada mamak dan bapak, seneng banget di sambut sama mamak dan bapak, sempet ketemu temen temen backpackeran yang lain juga. dari rumah singga setelah istirahat malam hari kami menuju Pelabuhan Lembar untuk nyebrang ke Bali lagi karna tiket pulang jakarta tiket promo dari bali tanggal 12 dan saat itu di lombok tanggal 9. jadi tanggal 10 pagi kami udah sampai di padang bai yey. karna temen aku basicly bukan backpacker yang suka ngeteng jdi dri padangbai ke denpasar kami nebeng bule yang pesen mobil rental dan kami cuma bayar sedikit (doi baik banget). di bali nginep lagi di The Kuta Bagus View, yang ternyata di kuta dan ga ada view, tapi tempat nya bersi kok karna masih baru, harga juga terjangkau krna pesen lewat berbagai aplikasi (smart traveler).

Dua hari di Bali aku sempetin buat rayain Waisak dan beli oleh oleh, hingga akhirnya kami pulang dari bali menuju jakarta tanggal 12 mei jam 11 malam (tiketpromo).

Total cost perjalanan:

kereta malang : 112.000

kereta banyuwangi : 64.000

sewa motor di banyuwangi: 56.000 (dibagi 3 dan ada pemberian teman)

ijen : 5000

gardenia : 100.000

kapal komodo : 150.000

motor labuan bajo : 60.000

makan di labuan bajo : 700.000 (5 hari)

ferry ke sape : 55.000

1. dara masita says:

keren banget kak!!

2. fariz says:

boleh tanya mengenai detail untuk menuju ke labuhan bajo nya kk?

3. Keren perjalanannya, bener2 ala backpacker.. Tapi ya gt typo neng hahahaa.. Edit pelan2 ya biar enal dibacanya..

1. Enak kak bukan enal wkwkwkwk iya siap kak siap

1. Wkakakaaa.. kena deh gw

2. Kakak keren lah poko mya

4. rizki says:

mau tanya itu knp bs cuma 600rb an tiket bali lombok , emg pake promo gmn tuh kak